Senin, 01 Februari 2010

YOGA UNTUK MENGURANGI STRES, MENINGKATKAN ENERGI





Yoga dapat mengurangi stres, meningkatkan energi, mengatasi rasa sakit dan membantu sejumlah banyak gangguan lainnya, begitu menurut Timothy Burgin, pendiri situs yoga basic. Begitu gerakan yoga yang disarankan.

Mengatasi Rasa Lelah

Pose bungkuk ke depan sangat baik untuk meningkatkan semangat. Gerakan ini menarik lebih banyak darah yang mengandung oksigen ke otak, yang segera membuat Anda merasa berpikir jernih dan berenergi.

Cara Melakukan :

Berdiri tegak, tarik napas dan angkat kedua lengan ke atas kepala. Hembuskan napas, bungkuk ke depan di pinggul dan turunkan lengan sampai mencapai lantai (lutut boleh dibengkokkan). Tarik beberapa napas dalam, lalu lepaskan dan ulangi 3 kali.

Meningkatkan Kemesraan dengan Pasangan

Pose ini meningkatkan kelenturan sehingga Anda merasa lebih lentur dan lebih rileks dalam berbagai posisi hubungan intim.

Cara Melakukan :

Duduk di lantai dengan lutut dibengkokan, tarik kaki ke arah bokong. Tekan pelan kedua paha ke lantai, lalu turunkan lutut sampai sisi luar dari kedua kaki bertemu di lantai. Tarik napas dalam, tingkatkan peregangan ketika menghembuskan napas. Ulangi 3 kali.

Mengurangi Stres

Kali berikut jika Anda merasa stres, jangan hitung sampai 10. Lebih baik coba yoga gerakan pose anak. Posisi ini secara halus meregangkan dan meringankan rasa sakit di punggung bawah dan leher sambil menenangkan pikiran.

Cara Melakukan :

Posisi seperti merangkak di lantai. Hembuskan napas, turunkan pinggul ke tumit dan dahi ke lantai. Regangkan lengan ke belakang dengan telapak tangan hadap ke atas, bernapas perlahan dan dalam. Ketika menghembuskan napas , tekan perut ke paha. Teruskan sampai 4 napas.

Mengatasi Sulit Tidur

Gerakan ini merilekskan tubuh dan pikiran, membuat otot lemas dan menenangkan pikiran sehingga Anda dapat tertidur lebih cepat dan lebih pulas.

Cara Melakukan :

Baring telentang, kedua kaki lurus agak dibuka. Kedua lengan disamping badan dengan telapak tangan hadap ke atas. Dengan mata terpejam, tarik napas dalam, sambil membayangkan tubuh lebur ke lantai. Mulai dari kaki, rilekskan otot dan visualisasikan kaki lebur ke lantai. Oindah ke betis, paha dan seterusnya sampai kepala.


(Sumber : Aura, Edisi 24/Th. XIII / Awal Juli 2009)

Diketik Ulang Oleh : Andia Rivai Bidan IA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar