Senin, 01 Februari 2010

TERAPI MAKANAN UNTUK GANGGUAN KESEHATAN










Terapi makanan makanan diterapkan berbagai budaya di dunia sejak zaman kuno. Hasil penelitian ilmiah di masa kini membuktikan makanan tersebut memang berkhasiat obat. Keuntungan dari terapi makanan ini adlah : lebih murah dan tak ada efek samping. Berikut gangguan kesehatan umum dan makanan yang bisa digunakan.

SAKIT PUNGGUNG

Makan buah dan sayuran tinggi serat seperti berry, antichokes dan labu. Konstipasi adlah salah satu penyebab umu sakit punggung dibanding yang disadari banyak orang. Jadi, lakukan apa pun yang anda bisa untuk memastikan penyebabnya bukan ini. Untuk membangun kesehatan tulang punggung, dapatkan kalsium dari sayuran daun hijau seperti bayam, collard green, dan produk susu rendah lemak.

Hindari :

Makan tinggi kalori dan segala sesuatu yang mengandung lemak-lemak trans. Selain berbagai penyebab lainnya, kelebihan berat badan juga dapat melelahkan otot punggung.

ALERGI

Makan apel, bery, dan ceri, semua yang mengandung quercetin, sejenis senyawa yang mengehentikan tubuh melepaskan histamine dan meminimalisir reaksi alergi dengan cara yang sama dengan obat antihistamine OTC (dijual bebas). Selain itu makan tuna dan salmon. Keduanya kaya asam lemak omega-3 yang diketahui dapat menurunkan pembengkakan inflamasi yang sering menyertai serangan alergi.

Hindari :

Produk susu, telur, kacang tanah dan kacang-kacang (nut) lainnya, kedelai, gandum dan kerang. Makanan-makanan ini adalah sumber alergi makanan umum. Pada kenyataannya diet eliminasi adalah cara mengatasi terbaik. Untuk menetukan apakah Anda alergi terhadap salah satu makanan ini, jangan makan 1 munggu dan lihat apakah membaik. Selain itu, periksa label pada makanan olahan, makanan yang dikeringkan, atau yang diasap. Cermati pengawet seperti sulfite, tertrazine, atau benzoate dalam daftar. Jangan beli jika menemukan kata-kata ini.

GULA DARAH TINGGI

Konsumsi makanan tinggi serat seperti nasi cokelat (brown rice), havermut, roti gandum, dan wortel. Makanan ini mengendalikan gula darah dan tidak membuatnya meningkat tinggi. Agar kenyang lebih lama, kombinasikan makanan kaya serat dengan sumber protein tak berlemak seperti dada ayam tanpa kulit. Jangan lupa susu skim atau low fat yang difortifikasi. Kandungan kalsium dan vitamin D-nya dapat menurunkan risiko diabetes sampai 23% jika diminum secara teratur.

Hindari :

Daging merah berlemak, produk susu full-fat dan semua makanan gorengan, terutama jika dokter Anda mengatakan Anda prediabetik. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan resisten insulin, yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan diabetes penuh.

INSOMNIA

Makan kalkun, tuna, ayam, telur, dan almond, yang mengandung tryptopan, sejenis asam amino yang oleh tubuh diubah menjadi serotonin (sejenis hormon rasa senang) dan melatonin (hormon pencetus ngantuk). Untuk hasil super cepat, kombinasikan t makanan kaya tryptopan dengan makanan kaya karbohidrat kompleks seperti crackers gandum, yogurt rendah lemak atau buah. Karbohidrat ini membantu mempercepat tryptopan ke otak.

Hindari :

Segala sesuatu yang mengandung kafein. Jika Anda sudah menghindari intake kopi dan teh, perhatikan berapa banyak cokelat yang Anda makan secara teratur, dan coba hindari makan secara berlebihan setelah pukul 16.00.


(Sumber : What to Eat for What Ails You)

Diketik Ulang Oleh Andia Rivai Bidan IA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar